Sabtu, 14 Februari 2009

Membuat Slide Show Album Foto di Blog

Mungkin pembaca pernah melihat sebuah slide show yang berisi foto-foto yang ditampilkan pada sebuah website maupun blog. Apalagi jika pembaca mempunyai friendster, tentu slide album foto seperti itu sudah tidak asing lagi. Kita juga bisa membuat slide show tersebut pada halaman website atau blog kita, dan langkah-langkah membuat slideshow album foto pada blog juga tidak jauh berbeda dengan ketika kita membuatnya pada friendster. Dan yang lebih menarik lagi, kita tidak perlu download slideshow kemudian memasangnya di web kita sehingga membutuhkan waktu yang banyak. Namun, agar terlihat lebih bagus dan menarik, kita perlu melakukan penyesuaian kode-kode slide tersebut dengan template blog kita. Untuk menambahkan slide foto pada blog, kita akan memanfaatkan sebuah situs gallery picture yang akan menyediakan kode-kode slide foto yang kita simpan pada situs tersebut. Situs tersebut adalah Slide.com. Berikut langkah-langkahnya:

Bagian 1:
  1. Silahkan buka www.slide.com pada browser Anda, kemudian login pada situs tersebut. Jika Anda belum memiliki akun, ada baiknya register/mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol menu Sign Up. Sebenarnya tanpa mendaftarpun kita tetap bisa membuat slide show album pada situs ini. Namun, dengan mendaftar memungkinkan kita menyimpan slide kita dan dapat mengeditnya jika diperlukan tanpa harus memulai dari awal lagi.
  2. Saya asumsikan pembaca telah berhasil membuat akun pada situs slide.com dan telah login pada situs tersebut. Jika pembaca berada pada halaman utama, klik tombol yang bertuliskan Make a Slideshow

    Namun, jika berada pada halaman profile, klik gambar yang ada tulisan Make Slideshow. Keduanya sama saja.
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah halaman pembuatan slideshow dengan 3 langkah, yaitu Create Slideshow, Save Slideshow, dan Share Slideshow.
  4. Pada bagian Create Slideshow, pembaca diminta untuk mengupload foto atau gambar yang ingin dimasukkan kedalam slide album yang akan pembaca buat. Ada beberapa pilihan untuk memasukkan foto-foto tersebut, yaitu menguploadnya langsung dari komputer pembaca, atau bisa menggunakan foto atau gambar yang telah Anda simpan pada akun friendster Anda, facebook, myspace, photobucket, dan lain-lain. Dengan demikian, pembaca tidak perlu lagi mengupload satu persatu dari komputer pembaca. Namun sangat saya harapkan agar pembaca tidak memasukkan gambar porno apalagi foto bugil artis Indonesia yang sekarang lagi beredar di internet. Kalau sekedar memasukkan foto artis cantik Sandra Dewi atau foto Aura Kasih (tapi jangan gambar telanjang mereka ya) mungkin tidak jadi masalah. Yang cukup ditakutkan adalah ketika anak-anak kita yang justru dengan tidak sengaja melihat foto-foto bugil artis tersebut. Loh..loh...kok malah penjelasannya melebar ke masalah curhat..Lanjuuttt... :D
  5. Kita akan mencoba membuat slideshow dengan memakai foto yang ada di friendster. Untuk itu, pada bagian Add Images From, pilih menu Friendster. Masukkan URL dari profile friendster Anda pada kotak Enter Your Friendster URL (Profile or Group). Kemudian klik tombol Get my images. Jika proses tersebut berhasil, maka pembaca akan melihat dibagian bawah telah terdapat foto-foto yang berasal dari friendster Anda. Untuk mengetahui friendster URL Anda, silahkan buka terlebih dahulu profile friendster pembaca. URL pembaca ada pada bagian yang ditunjukkan oleh gambar dibawah ini:

    Namun, jika pembaca tidak mempunyai akun friendster, pembaca boleh mencoba menu lain. Pada prinsipnya, bagian ini berfungsi memasukkan gambar yang akan kita buatkan slide show albumnya.
  6. Pada bagian Customize your Design klik menu Styles dan pilih Sliding. Dibagian atas akan terlihat album Anda akan ditampilkan dalam bentuk sliding.
    Masih pada bagian Customize, klik menu Size yang ada disamping. Nah, disinilah kita perlu menyesuaikan ukuran slide album kita dengan template yang kita gunakan. Sesuailan slide dengan bagian dimana slide album Anda akan dimunculkan. Sebagai contoh kita akan menampilkan slide tersebut pada bagian sidebar blogspot. Jika lebar sidebar blog kita sekitar 300 an pixel, maka ukuran yang proporsional dari slide kita adalah misalkan 300 x 100 px. Maka pada kotak width masukkan nilai 300 dan pada kotak height masukkan nilai 100, kemudian klik tombol Update. Anda juga bisa mengatur tampilan dari slide yang akan kita buat, baik memberikan effect, background, dan lain-lain. Silahkan coba menu-menu customize yang lain.
  7. Jika pengaturan dirasa sudah cukup, silahkan klik tombol berwarna hijau SAVE (get code).
  8. Selanjutnya kita akan masuk pada bagian kedua, yaitu Save Slideshow. Pada bagian Slideshow Details, isi dengan isian yang sesuai dengan keinginan pembaca. Setelah itu klik tombol hijau SAVE Slideshow.
  9. Setelah itu kita akan masuk kebagian Share Slideshow. Pembaca akan melihat sebuah kotak yang berisi kode slide album foto yang baru saja kita ciptakan. Kode tersebutlah yang akan kita sisipkan pada blog atau website kita.

Untuk menambahkan slide album foto pada blog, kita ikuti langkah-langkah berikut:

Bagian 2
  1. Masuk ke akun blogger Anda.
  2. Pada halaman dasbor, klik link menu Tata Letak.
  3. Tambahkan sebuah Gadget dengan mengklik link Tambah Gadget. Pilih jenis HTML/Javascript.
  4. Masukkan kode slide album foto yang telah pembaca dapatkan dari situs www.slide.com tadi (step 9 pada Bagian 1). Kemudian klik tombol Simpan.
Sebagai contoh silahkan pembaca lihat disini.
Selamat mencoba, dan jangan lupa ngasi komentar ya, terutama jika pembaca masih bingung dengan langkah-langkah diatas, saya dengan senang hati akan berusaha membantu pembaca sekalian.


Comments :

3 komentar to “Membuat Slide Show Album Foto di Blog”

hebat boss..............aku dah coba pasang slidenya.....makasih..
ada lagi ni boss...klo pasang music gimana ya?...

Hakim mengatakan...
on 

Ditunggu saja tutorial selanjutnya...tips nya bakal segera meluncur kok...^^

HelNes mengatakan...
on 

terima kasih nambah wawasan lagi untuk mempercantik blok ku

Anonymous mengatakan...
on 

Poskan Komentar