Minggu, 08 Maret 2009

Mengatasi Message BX- ERRORS Saat Menginstal Template Baru Blogger

Pernahkan pembaca menemukan halaman error seperti gambar dibawah ini?
Saya harap sih jangan pernah :D. Soalnya jika pembaca mengalami hal tersebut pasti akan merasa hampir kecewa, sedikit kecewa, kecewa, sangat kecewa, bahkan bisa sangat kecewa sekali. halah...Halaman tersebut merupakan halaman galat yang akan kita temukan ketika mengalami masalah error saat menginstal New Blogger Template (template baru blogspot yang berekstensi .xml). Blogger akan menunjukkan kode galat (kode error) yang sesuai dengan masalah kita. Kode diatas merupakan salah satunya. Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut dan menemukan kode bX-si9ej, bx-ji78k6, bX-ot4j3e, bX-xvu2n5, dan lain sebagainya. Sungguh mengecewakan buat kita aplagi jika template yang kita download sangat bagus dan kita sukai. Lantas, bagaimana mengatasi message kode bX- error tersebut? Sebenarnya blogspot telah menyediakan forum di Google yang membahas masalah tersebut. Jika pembaca mengalami hal tersebut coba lihat sebuah link dibagian bawah, biasanya tertulis "Telusuri Grup Bantuan Blogger untuk bX- error". Link tersebut akan mengarah ke Google forum yang saya maksud tadi. Nah, disini saya akan mengulas dan mereview solusi mengatasi pesan error bX pada blogger dengan bahasa kita sendiri (bahasa Indonesia tentunya). Berikut langkah-langkah mengatasi message bX-errors pada blogspot ketika menginstal template baru .xml:
  1. Buka template yang telah Anda download dengan notepad atau wordpad. Klik kanan file tersebut --> Open With --> Wordpad (atau notepad)
  2. Cari kode widget id pada template tersebut. Tekan Ctrl + F kemudian tulis di kotak pencarian widget id.
  3. Lakukan pencarian satu persatu karena akan ada beberapa kode yang bertuliskan widget id.
  4. Setiap kali menemukan struktur yang ada widget id, ganti nomor id widget tersebut menjadi 2 digit. Misalnya pembaca menemukan struktur <b:widget id='example2', maka pembaca sebaiknya mengganti misalnya dengan <b:widget id='example21' (usahakan mengganti dengan lebih dari 1 digit)
  5. Lakukan untuk widget yang lainnya sampai semua nomor id widget lebih dari 1 angka. Contoh : <b:widget id='Feed1', menjadi: <b:widget id='Feed12'
  6. Setelah itu simpan template yang telah Anda edit tersebut.
  7. Silahkan instal kembali template tersebut pada blogger Anda
  8. Selamat mencoba.

Comments :

15 komentar to “Mengatasi Message BX- ERRORS Saat Menginstal Template Baru Blogger”

aku juga sering kaya gini kalo lagi salah ngeditnya, makasih infonya bang,

sugeng mengatakan...
on 

wah gwa pake wordpress bos jadi g mengalami masalah ini
byme salam kenal

byme mengatakan...
on 

sering mengalami ini, sudah saya coba berbagai trik ternyata masih saja gagal, termasuk tips ini juga masih gagal.

Mr. Mung mengatakan...
on 

@sugeng:
sama-sama..^_^

@byme:
harapan saya supaya Anda gak ngelami hal seperti ini terkabul donk...:D, tips ini memang khusus utk para blogspoter mania...
salam kenal juga ya...

@Mr. Mung:
Sebenarnya ini hanya salah satu cara untuk mengatasi masalah halaman galat krn error pada blogspot. Ad jg cara yang lain misalnya dgn melakukan clear private data misalnya cache dll.Hal ini dikarenakan kita pernah memakai akun blogspot yg berbeda pada browser yg sama. Tp Mister jgn berkecil hati dulu ya, saya akan cari cara lain yang juga ampuh.krn di forum Google jg byk dilakukan pembahasan ini & saya akan sempatkan mencari tahu yg lain.ok?

HelNes mengatakan...
on 

kalo udah kaya gini, biasanya sayah milih template lain yang ga ber-galat gini ketika diunggah. Masih banyak template lainnya yang seru kok :)

Quinie mengatakan...
on 

oh... gitu toh... makasih ya pak. berguna banget neh. gak nyangka klo widget ID nya yang harus di tweak.

thegands mengatakan...
on 

@ Quinie : Dulu saya juga gtu mbak, tp untunglah saya nemu trik yang ini, jadinya gak galat lagi deh. klw pgn template yang lebih seru juga bisa di download disini

@tulang ganda manurung: aduh..masih 21 thn aq tulang..masak dipanggil bapak. tp sama2lah...moga tutorial ini bermanfaat buat kita semua..

HelNes mengatakan...
on 

waduh.. klo gitu sama dong usia kita. hahahahaha.... abisnya foto footer dibawah macam udah berusia 30 an. tampak matang banget lae. cocok jadi bisnis men. hehehehe...
any way, aha marga ta?

thegands mengatakan...
on 

@lae manurung:margaku sinaga..molo omak boru manurung..jai marlae ma hita..
What?30 an? wah...berarti tampangku uda tua kalilah ya..tp itu cuma di foto kok lae..aslinya masih imut..kwkwkwkwkw...

HelNes mengatakan...
on 

@helnes:
hahahaha... kan kecil tuh fotonya lae, jadi gak kelihatan aslinya. klo dlihat sih, kayaknya udah tua. abisnya wajahnya terlalu samar. hehehe.. idia do jabunta?

thegands mengatakan...
on 

@lae manurung:
kwkwkwkw...
aq asli rantau prapat, tp skrg lagi di sby...klw lae tgl dmn?

HelNes mengatakan...
on 

@helnes:
aku tinggal di medan. asli pematangsiantar. hahaha... saya punya teman waktu SD di parapat. tapi saya ndak ingat lagi siapa namanya. hahaha... namanya juga memori waktu SD.

thegands mengatakan...
on 

mantab nih info,....salam kenal

rudytarigan mengatakan...
on 

Mantap... dulu waktu nyoba2 pakai blogspot sering gini juga. Sekarang mo nyobain ga punya blogspot... :D

damntux mengatakan...
on 

@rudytarigan:
salam kenal juga lae...
@damntux:
cobain aj lagi blogspotnya...kn sekarang makin canggih tuh. ntr klw error tinggal dtg lagi kesini..hehehehe

HelNes mengatakan...
on 

Posting Komentar